Monday, February 16, 2009

Ketika harus menyapihnya..

  • Olla, Apa Kabar semuanya.... Sesuai dengan judul diatas, ibund mau sedikit bercerita tentang bagaimana caranya ibund bisa menyapih figo, keknya ini termasuk cerita yang wajib di share yah, terutama untuk ibu yang alhamdullilah, bisa nyusuin sampe usia 2 tahun.
  • Sebelum cerita kapan menyapihnya, ibund mau sedikit bernostalgia, mengenang masa-masa menyusui figo yang memang merupakan suatu proses yang Ibund dengan ikhlas jalanin karena figo layak mendapatkan ASI yang terbaik dari segalanya.
  • Selama masa menyusui figo, ibund tak banyak mengalami kesulitan berarti, saking berlimpahnya, ibund tuh dijuluki ibu sapi sama temen-temen kantor ibund. Produksi asi, alhamdullilah tetap stabil diwaktu itu, sehingga stok ASIP figo tetap terjaga dengan baik. Walo memang konon katanya kestabilan emosi si ibu bisa mempengaruhi jumlah ASIP yang dihasilkan, tapi ibund tetap bisa memproduksi dengan baik walo ibund dalam keadaan under pressure apapun (kerjaan, berantem ama ayah etc) .. Ga maksud sombong lohhhhh temans
  • Ada kondisi dimana ibund juga suka was-was, apalagi kalo dirumah mati lampu, huaaa rasanya napas tuh udah dileher, ampe kentut-kentut, ga napsu makan saking mikirin nasib stok ASIP dirumah dan terus berdoa, Ohh wahai PLN cepatlah engkau nyalain listrik dirumah ku, hihihihih
  • 6 bulan masa menyusui exclusif, ibund dan figo lewatin dengan mulus, lalu dilanjutkan ke tahun pertama, dan merambat terus sampe akhirnya figo berusia 2 tahun.
  • Memutuskan untuk menyapih figo adalah satu hal yang bikin ibund jadi soooo stressfull cenderung senewen, karena ibund tuh ngerasain yang namanya sedih, tapi juga mulai aga bosan, dan figo juga memang seharusnya sudah mulai berhenti nenen, karena usianya di desember yang lalu sudah 2 tahun.
  • Akhirnya, dibantu dengan ayah, ibund pun memulai proses menyapihnya, aga maksa memang, yaitu dengan mengoleskan cabai di payudara ibund. Karena kalo figo dilarang ga nyusu, malah dia minta terus. Dengan diolesi cabai, ibund tetap memberikan nenen buat figo, tapi ketika dia mulai menghisap dan merasa kepedasan secara ga langsung figo melepaskan nenennya dan otomatis stop nenen.
  • Hal itu terus berulang dan berulang, sampe akhirnya figo benar-benar lepas nenen disekitar usia 25 bulan. Kalo ibund tawarin nenen ke figo, dia akan menjawab "ga mau", "nenen pedes" atau "nenen untuk adek bayi"..
  • Nah sebagai ritual pengganti nenen sebelum tidur, yang figo lakukan sekarang adalah dengan mencium atau mengendus di dada ibund, lalu minta tidur dipeluk sambil tangannya megang" tali BH ibund, heheehehehehehehe... Lucu banget kalo ngeliat ekspresi mukanya ituh. Dan sekarang ibund selalu menyediakan botol minum khusus untuk figo di tempat tidur, jadi kalo ia terbangun malam dan haus, pasti ibund langsung tawarin minum, dan figo sekarang sudah mulai terbiasa.
  • Kalo ditanya apa keuntungannya menyusui anak, wahh jawabnya banyak banget, selain anak juga sehat, intelengensianya juga bagus, bondingnya pun ga tergantikan dehh... Figo sakit adalah Batpil atau demam, tapi so far, ibund bisa mengavoid pemberian obat untuk figo, karena dengan ASI, imun tubuhnya juga bekerja dengan baik....
  • Soo, moms atau calom moms, susuilah anak kita tercintah, karena ASI itu udah pasti terbaik, dan setiap moms pasti diberkahi dengan ASI. Tinggal gimana kita mau dengan ikhlas menjalaninnya...

1 comment:

Zeeva Athena Cakranegara said...

dalam kasus figo, ASI juga menyebabkan ganteng kikikikik...*towel pipi figo